Load more

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

ABSTRAK
Danik Nurjanah. X 4306004. PENERAPAN PEMBELAJARAN  KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011.

Proposal Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta,
Agustus 2010.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar biologi dengan penerapan pembelajaran kooperatif think pair share pada materi Virus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2010/2011. Sumber data berasal dari informasi guru dan siswa, tempat dan peristiwa berlangsungnya kegiatan pembelajaran, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif think pair share dapat meningkatkan minat belajar biologi siswa di kelas X-3 SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2010/2011. Peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat melalui angket dan lembar observasi. Persentase rata-rata berdasarkan lembar observasi minat belajar siswa pra siklus sebesar 50,63%, siklus 1 sebesar 74,58% dan siklus 2 sebesar 84,17%. Hasil perhitungan angket pra siklus menunjukkan minat belajar siswa sebesar 63,59%, siklus 1 sebesar 73,65%, dan siklus 2 sebesar 80,54%. Kesimpulannya bahwa penerapan pembelajaran koperatif Think Pair Share dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif Think Pair Share, minat belajar siswa,
pembelajaran Biologi.

Download Skripsi Lengkapnya Di Sini